PMDK (Penelusuran Minat Bakat dan Kemampuan) adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Del (IT Del), melalui penelusuran minat, bakat, dan kemampuan calon mahasiswa. Pendaftaran PMDK dilakukan di sekolah masing-masing, melalui perwakilan/petugas yang ditetapkan oleh IT Del khususnya sekolah yang berada di kawasan Danau Toba.
Seleksi PMDK mencakup beberapa komponen penilaian yaitu:
- Nilai Rapor
- Prestasi Akademik
- Surat Rekomendasi
- Prestasi Non Akademik
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar program PMDK adalah sebagai berikut:
A. Persyaratan Umum- Mengisi Formulir Pendaftaran PMDK 2025/2026 secara online pada tautan berikut : https://spmbdel.del.ac.id
- Melampirkan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah atau yang mewakili.
- Melampirkan scan rapor kelas X s.d XII sampai semester V.
- Melampirkan sertifikat/piagam penghargaan akademis dan non akademis (jika ada).
- Siswa berasal dari jurusan yang tidak termasuk dalam kelompok Ilmu sosial, Budaya atau Bahasa.
- Usia maksimum 21 tahun per 31 Agustus 2025;
- Memiliki Nilai Matematika, dan Fisika minimal 80.00, serta Bahasa Inggris minimal 70.00, pada setiap semester, ATAU ranking <=5 setiap semester, kecuali untuk jenjang DIV dan DIII, ranking <= 10.
- Dapat memilih maksimal 3 pilihan program studi, dari 9 program studi yang ada di IT Del yakni :
- Fakultas Vokasi [FV], Program Studi:
- Teknologi Informasi (D3)
- Teknologi Komputer (D3)
- Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (D4)
- Fakultas Informatika & Teknik Elektro [FITE], Program Studi:
- Informatika (S1)
- Teknik Elektro (S1)
- Sistem Informasi (S1)
- Fakultas Teknologi Industri [FTI], Program Studi:
- Manajemen Rekayasa (S1)
- Teknik Metalurgi (S1)
- Fakultas Bioteknologi [FB], Program Studi:
- Teknik Bioproses (S1)
- Fakultas Vokasi [FV], Program Studi:
- Data yang harus dilengkapi pada formulir pendaftaran daring
- Memilih 3 maksimal 3 pilihan program studi;
- Mengisi Data Pribadi, seperti;
- NIK
- NISN
- Nama Lengkap
- Jenis Kelamin
- Tempat/Tanggal Lahir
- Agama
- Alamat
- Kode Pos
- No HP
- Mengisi Data Orangtua
- Nama Ayah dan Ibu Kandung
- Pekerjaan Ayah dan Ibu Kandung
- Penghasilkan Ayah dan Ibu Kandung
- Alamat Orangtua
- Kode Pos
- Mengisi Data Akademis
- Mengisi Data Kemampuan Bahasa Asing
- Mengisi Data Pendidikan Ekstrakurikuler
- Mengisi Pengalaman Organisasi
- Mengisi tentang mendapatkan/mendengar informasi mengenai program penerimaan mahasiswa IT Del melalui apa?
- Mengisi Jumlah minimum N untuk uang pembangunan sekali bayar
- Mengunggah foto 3x4 untuk daring atau Menempelkan foto 3x4 untuk luring
- Lulus seleksi administrasi berkas dan memiliki Kartu Ujian;
- Pastikan anda telah menerima kartu ujian dari panitia PMB;
- Untuk mendapatkan informasi secara cepat dari panitia PMB, silahkan bergabung ke WhatsApp Grup dengan mengirikan kartu ujian ke WhatsApp Panitia PMB 0851-9196-7778
- Membawa berkas yang telah dimintakan untuk dibawa
- Peserta Tes yang lalai untuk melaksanakan wawancara pada jadwal yang telah ditentukan dianggap mengundurkan diri;
- Jika dijumpai kendala selama wawancara daring berlangsung dan dipandang perlu/mendesak, peserta dapat menghubungi panitia di 0851-9196-7778 (Bisa WhatsApp).
- Tes Psikotes tidak menjadi ketentuan kelulusan;
- Tes Psikotes akan dilaksanakan di masa Matrikulasi;
- Peserta harus hadir sesuai dengan waktu yang telah ditentukan panitia Matrikulasi.
- Untuk Pendaftaran akan dilakukan secara onsite atau langsung datang ke Kampus Institut Teknologi Del pada tanggal yang telah ditetapkan;
- Mempersiapkan scan Ijazah/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Mempersiapkan scan Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
- Mempersiapkan scan Kartu Keluarga;
- Mempersiapkan scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro
- Peserta silakan mengakses http://spmbdel.del.ac.id untuk melakukan pendaftaran ulang;
- Memasukkan username dan password saat melakukan pendaftaran;
- Mengunduh Informasi tentang keasramaan;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Pendaftaran Mahasiswa Baru;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Fakta Integritas Mahasiswa Baru;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Wali Mahasiswa Baru (Jika diwakilkan kepada wali);
- Mengunggah Surat Keterangan Tidak Buta Warna* dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro;
- Mengunggah Ijazah/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Mengunggah Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
- Mengunggah Kartu Keluarga;
- Untuk pembayaran dapat dilakukan 2 cara yaitu dengan Virtual Account dan Cash
- Untuk Pembayaran Virtual Account dapat dilakukan sesuai dengan tanggal yang ditentukan;
- Mengunduh Informasi Cara Pembayaran Virtual Account;
- Untuk Pembayaran Cash dapat dilakukan pada tanggal yang ditentukan
- Peserta Pendaftar Ulang datang pada tanggal yang ditentukan ke Institut Teknologi Del
- Waktu pendaftaran ulang berlangsung dari pukul 09.00 – 15.00 WIB;
- Peserta Pendaftar Ulang memakai pakaian Hitam-Putih (Laki-laki: Baju Putih Lengan Panjang, Celana Hitam Panjang; Perempuan: Baju Putih Lengan Panjang, Rok Hitam/Celana Hitam Panjang; Untuk perempuan agar rambut di ikat)
- Membawa Pas Photo berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 buah
- Peserta Daftar Ulang akan diarahkan oleh Saptam Institut Teknologi Del, menuju lokasi Daftar Ulang
- Petugas akan memberikan nomor antrian sambil mempersilahkan peserta daftar ulang untuk menunggu di ruang tunggu
- Petugas akan memanggil nomor urut peserta dan akan diarahkan ke Service Point
- Pada pendaftran ulang terdapat 7 Service Point
- Service Point 1:
- Surat Pernyataan Pendaftaran Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Fakta Integritas Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Pernyataan Wali Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro;
- Fotokopi Ijazah yang dilegalisir/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Fotokopi Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
- Fotokopi Kartu Keluarga;
- Fotokopi KTP (Jika sudah ada)
- Peserta akan menerima kertas yang berisi informasi terkait: Form Service Point Check; Informasi Beasiswa di Institut Teknologi Del dan Informasi Spesifikasi Laptop
- Service Point 2: Peserta melakukan verifikasi data akademik. Dokumen yang diperlukan:
- Fotokopi Kartu Keluarga;
- Fotokopi KTP (Jika sudah ada);
- Fotokopi Ijazah yang dilegalisir/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Service Point 3: Informasi terkait Keasramaan seperti:
- Kehidupan Asrama;
- Perlengkapan mahasiswa yang akan dibawa.
- Service Point 4: Peserta melakukan pembayaran daftar ulang. Jika peserta telah membayar melalui Virtual Account maka hanya akan dilakukan proses verifikasi pembayaran kepada pihak Keuangan IT Del (Mohon juga dibawakan bukti telah melakukan pembayaran).
- Service Point 5: Peserta mengukur badan untuk keperluan pembuatan Jas (Almamater), Training Pack, Kaos Del
- Service Point 6: Peserta melakukan foto dan pengisian formulir untuk keperluan pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa ATM;
- Service Point 7: Peserta mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa Sementara dan Goodie Bag.
- Service Point 8: Peserta dapat melakukan pemesanan perlengkapan mahasiswa oleh pihak Koperasi IT Del.
USM (Ujian Saring Masuk) adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Del (IT Del), melalui tes akademik dan psikotes. Pendaftaran sebagai peserta Seleksi Program USM IT Del dilakukan secara daring dengan membuka laman https://spmbdel.del.ac.id.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar program USM adalah sebagai berikut:
A. Persyaratan Umum- Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di IT Del dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa IT Del apabila dinyatakan lulus seleksi untuk program USM;
- Siswa berasal dari jurusan yang tidak termasuk dalam kelompok Ilmu sosial, Budaya atau Bahasa.
- Usia maksimum 21 tahun per 31 Agustus 2025;
- Mengikuti tes akademik daring berupaMatematika, Bahasa Inggris, dan Tes Potensi Akademik;
- Dapat memilih maksimal 3 pilihan program studi, dari 9 program studi yang ada di IT Del yakni :
- Fakultas Vokasi [FV], Program Studi:
- Teknologi Informasi (D3)
- Teknologi Komputer (D3)
- Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (D4)
- Fakultas Informatika & Teknik Elektro [FITE], Program Studi:
- Informatika (S1)
- Teknik Elektro (S1)
- Sistem Informasi (S1)
- Fakultas Teknologi Industri [FTI], Program Studi:
- Manajemen Rekayasa (S1)
- Teknik Metalurgi (S1)
- Fakultas Bioteknologi [FB], Program Studi:
- Teknik Bioproses (S1)
- Fakultas Vokasi [FV], Program Studi:
- Data yang harus dilengkapi pada formulir pendaftaran daring
- Memilih 3 maksimal 3 pilihan program studi;
- Mengisi Data Pribadi, seperti;
- NIK
- NISN
- Nama Lengkap
- Jenis Kelamin
- Tempat/Tanggal Lahir
- Agama
- Alamat
- Kode Pos
- No HP
- Mengisi Data Orangtua
- Nama Ayah dan Ibu Kandung
- Pekerjaan Ayah dan Ibu Kandung
- Penghasilkan Ayah dan Ibu Kandung
- Alamat Orangtua
- Kode Pos
- Mengisi Data Akademis
- Mengisi Data Kemampuan Bahasa Asing
- Mengisi Data Pendidikan Ekstrakurikuler
- Mengisi Pengalaman Organisasi
- Mengisi tentang mendapatkan/mendengar informasi mengenai program penerimaan mahasiswa IT Del melalui apa?
- Mengisi Jumlah minimum N untuk uang pembangunan sekali bayar
- Mengunggah foto 3x4 untuk daring atau Menempelkan foto 3x4 untuk luring
- Telah melakukan pendaftaran dan memiliki Kartu Ujian;
- Pastikan anda telah menerima username dan password dari panitia PMB;
- Mengunduh aplikasi ZOOM di Handphone para peserta;
- Untuk mendapatkan informasi secara cepat dari panitia PMB, silahkan bergabung ke WhatsApp Grup dengan mengirikan kartu ujian ke WhatsApp Panitia PMB 0813 6075 8968
- Pastikan menggunakan PC/Laptop dan tidak menggunakan smartphone saat mengikuti tes;
- PC/Laptop sudah terinstal Firefox minimal versi 74.0.1 atau Chrome minimal versi 80.0.3987.163;
- Pastikan memiliki akses internet yang stabil saat melakukan tes;
- Siapkan kertas buram untuk ujian matematika dan dilarang menggunakan alat bantu hitung;
- Mengikuti simulasi tes akademik pada waktu yang ditentukan oleh panitia PMB;
- Jika peserta belum mendapatkan usernama dan password silahkan menghubungi panitia.
- Peserta silakan mengakses https://ecourse.del.ac.id untuk mengikuti ujian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan;
- Masukkan username dan password yang telah dikirimkan panitia;
- Anda tidak diperkenankan untuk melakukan Print Screen;
- Selama wawancara berlangsung anda diwajibkan untuk mengaktifkan kamera dan mikrofon pada link zoom yang akan dibagikan oleh panitia;
- Selama wawancara berlangsung TIDAK BOLEH menggunakan bantuan orang lain. Jika anda melakukan kecurangan maka akan dianggap gagal dalam tes ini.
- Setiap soal berbentuk pilihan ganda. Hanya terdapat satu jawaban yang benar untuk setiap pertanyaan;
- Untuk setiap jawaban yang benar anda mendapat nilai +4, sedangkan jawaban yang salah mendapat nilai -1 dan nilai 0 untuk soal yang tidak dijawab;
- Peserta Ujian yang terlambat login atau mengalami gangguan teknis tidak diberikan perpanjangan waktu untuk wawancara;
- Ketersediaan jaringan provider, koneksi jaringan yang lambat, kerusakan PC/Laptop yang dapat menyebabkan putusnya koneksi ketika wawancara berlangsung menjadi tanggung jawab peserta dan tidak diberikan perpanjangan waktu untuk wawancara;
- Pengadaan dan pengunaan software (browser) yang tidak sesuai sebagaimana yang telah di syaratkan sehingga menyebabkan terhambatnya pelaksanaan Tes Akademik menjadi tanggung jawab peserta sepenuhnya dan tidak diberikan perpanjangan waktu untuk wawancara;
- Peserta Tes yang lalai untuk melaksanakan wawancara pada jadwal yang telah ditentukan dianggap mengundurkan diri;
- Jika dijumpai kendala selama wawancara daring berlangsung dan dipandang perlu/mendesak, peserta dapat menghubungi panitia di 0813 6075 8968 (Bisa WhatsApp).
- Telah lulus dari Tes Wawancara bagi Jalur PMDK, Tes Akademik bagi Jalur USM dan Penilaian UTBK untuk jalur UTBK;
- Peserta wajib menggunakan masker;
- Membawa Kartu Pengenal Siswa;
- Membawa Alat Tulis;
- Mempersiapakn foto (Formal) dengan latar warna bebas dan ukuran gambar maksimal 2 MB serta dalam bentuk JPG (disimpan dalam flashdisk);
- Peserta diwajibkan menggunakan pakaian sekolah, atau kemeja putih, celana/rok hitam (tidak boleh menggunakan pakaian pramuka) dan menggunakan sepatu terutup;
- Diperbolehkan membawa minuman dan makanan ringan, berhubg pelaksanaan tes psikotes dilakukan hingga siang hari.
- Peserta harus hadir pukul 08.00 wib di kompleks Institut Teknologi Del
- Peserta akan diarahkan satpam menuju lokasi ujian;
- Peserta harus mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia;
- Panita akan memberikan kode ujian psikotes;
- Peserta akan diarahkan panitia ke ruang ujian;
- Peserta akan duduk sesuai kursi yang telah ditentukan;
- Peserta silakan mengakses https://smileconsultingindonesia.com/test_cat_psi/m/index.php untuk mengikuti ujian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan;
- Masukkan kode ujian yang telah dikirimkan panitia;
- Dilarang melakukan tindak kecurangan
- Tes ini terdapat 2 jenis tipe, yang dimana anda diminta mengerjakan dengan baik, cepat dan teliti.
- Tipe 1 : Menggunakan Waktu (Terdapat “Bar” yang akan berjalan),
- Tipe 2 : Tidak menggunakan waktu akan tetapi terdapat batas maksimal.
- Jenis Soal yang akan anda jalani adalah
- Tes Berhitung : Memiliki waktu
- Tes Memilih Jawaban :
- Anda diminta memilih jawaban yakni pada bagian atas/bawah,
- Anda langsung dapat klik jawabannya saja tanpa menghiraukan yang lain.
- Mempersiapkan scan Ijazah/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Mempersiapkan scan Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
- Mempersiapkan scan Kartu Keluarga;
- Mempersiapkan scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro Ket * : Mengingat situasi pandemi saat ini surat keterangan bisa disampaikan jika keadaan sudah kondusif. Apabila setelah dinyatakan lulus calon mahasiswa terbukti buta warna maka calon mahasiswa bersedia mengundurkan diri.
- Peserta silakan mengakses http://spmbdel.del.ac.id untuk melakukan pendaftaran ulang;
- Memasukkan username dan password saat melakukan pendaftaran;
- Mengunduh Informasi tentang keasramaan;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Pendaftaran Mahasiswa Baru;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Fakta Integritas Mahasiswa Baru;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Wali Mahasiswa Baru (Jika diwakilkan kepada wali);
- Mengunggah Surat Keterangan Tidak Buta Warna* dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro;
- Mengunggah Ijazah/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Mengunggah Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
- Mengunggah Kartu Keluarga;
- Untuk pembayaran dapat dilakukan 2 cara yaitu dengan Virtual Account dan Cash
- Untuk Pembayaran Virtual Account dapat dilakukan sesuai dengan tanggal yang ditentukan;
- Mengunduh Informasi Cara Pembayaran Virtual Account;
- Untuk Pembayaran Cash dapat dilakukan pada tanggal yang ditentukan
- Peserta Pendaftar Ulang datang pada tanggal yang ditentukan ke Institut Teknologi Del
- Waktu pendaftaran ulang berlangsung dari pukul 09.00 – 15.00 WIB;
- Peserta Pendaftar Ulang memakai pakaian Hitam-Putih (Laki-laki: Baju Putih Lengan Panjang, Celana Hitam Panjang; Perempuan: Baju Putih Lengan Panjang, Rok Hitam/Celana Hitam Panjang; Untuk perempuan agar rambut di ikat)
- Membawa Pas Photo berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 buah
- Peserta Daftar Ulang akan diarahkan oleh Saptam Institut Teknologi Del, menuju lokasi Daftar Ulang
- Petugas akan memberikan nomor antrian sambil mempersilahkan peserta daftar ulang untuk menunggu di ruang tunggu
- Petugas akan memanggil nomor urut peserta dan akan diarahkan ke Service Point
- Pada pendaftran ulang terdapat 7 Service Point
- Service Point 1:
- Surat Pernyataan Pendaftaran Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Fakta Integritas Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Pernyataan Wali Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro;
- Fotokopi Ijazah yang dilegalisir/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Fotokopi Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
- Fotokopi Kartu Keluarga;
- Fotokopi KTP (Jika sudah ada)
- Peserta akan menerima kertas yang berisi informasi terkait: Form Service Point Check; Informasi Beasiswa di Institut Teknologi Del dan Informasi Spesifikasi Laptop
- Service Point 2: Peserta melakukan verifikasi data akademik. Dokumen yang diperlukan:
- Fotokopi Kartu Keluarga;
- Fotokopi KTP (Jika sudah ada);
- Fotokopi Ijazah yang dilegalisir/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Service Point 3: Informasi terkait Keasramaan seperti:
- Kehidupan Asrama;
- Perlengkapan mahasiswa yang akan dibawa.
- Service Point 4: Peserta melakukan pembayaran daftar ulang. Jika peserta telah membayar melalui Virtual Account maka hanya akan dilakukan proses verifikasi pembayaran kepada pihak Keuangan IT Del (Mohon juga dibawakan bukti telah melakukan pembayaran).
- Service Point 5: Peserta mengukur badan untuk keperluan pembuatan Jas (Almamater), Training Pack, Kaos Del
- Service Point 6: Peserta melakukan foto dan pengisian formulir untuk keperluan pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa ATM;
- Service Point 7: Peserta mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa Sementara dan Goodie Bag.
- Service Point 8: Peserta dapat melakukan pemesanan perlengkapan mahasiswa oleh pihak Koperasi IT Del.
Sertifikat UTBK adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Del (IT Del), melalui sertifikat UTBK yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT). Pendaftaran sebagai peserta Seleksi Program Sertifikat UTBK IT Del dilakukan secara daring dengan membuka laman https://spmbdel.del.ac.id dan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar program UTBK adalah sebagai berikut:
Persyaratan Umum- Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di IT Del dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa IT Del apabila dinyatakan lulus seleksi untuk program UTBK;
- Siswa berasal dari jurusan yang tidak termasuk dalam kelompok Ilmu sosial, Budaya atau Bahasa.
- Lulusan SMA atau SMK Teknik pada semua jurusan dengan tahun ijazah 2025;
- Usia maksimum 21 tahun per 31 Agustus 2025;
- Mengikuti tes psikotes;
- Dapat memilih maksimal 3 pilihan program studi, dari 9 program studi yang ada di IT Del yakni :
- Fakultas Vokasi [FV], Program Studi:
- Teknologi Informasi (D3)
- Teknologi Komputer (D3)
- Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (D4)
- Fakultas Informatika & Teknik Elektro [FITE], Program Studi:
- Informatika (S1)
- Teknik Elektro (S1)
- Sistem Informasi (S1)
- Fakultas Teknologi Industri [FTI], Program Studi:
- Manajemen Rekayasa (S1)
- Teknik Metalurgi (S1)
- Fakultas Bioteknologi [FB], Program Studi:
- Teknik Bioproses (S1)
- Fakultas Vokasi [FV], Program Studi:
- Data yang harus dilengkapi pada formulir pendaftaran daring
- Memilih 3 maksimal 3 pilihan program studi;
- Mengisi Data Pribadi, seperti;
- NIK
- NISN
- Nama Lengkap
- Jenis Kelamin
- Tempat/Tanggal Lahir
- Agama
- Alamat
- Kode Pos
- No HP
- Mengisi Data Orangtua
- Nama Ayah dan Ibu Kandung
- Pekerjaan Ayah dan Ibu Kandung
- Penghasilkan Ayah dan Ibu Kandung
- Alamat Orangtua
- Kode Pos
- Mengisi Data Akademis
- Mengisi Data Kemampuan Bahasa Asing
- Mengisi Data Pendidikan Ekstrakurikuler
- Mengisi Pengalaman Organisasi
- Mengisi tentang mendapatkan/mendengar informasi mengenai program penerimaan mahasiswa IT Del melalui apa?
- Mengisi Jumlah minimum N untuk uang pembangunan sekali bayar
- Mengunggah foto 3x4 untuk daring atau Menempelkan foto 3x4 untuk luring
- Telah lulus dari Tes Wawancara bagi Jalur PMDK, Tes Akademik bagi Jalur USM dan Penilaian UTBK untuk jalur UTBK;
- Peserta wajib menggunakan masker;
- Membawa Kartu Pengenal Siswa;
- Membawa Alat Tulis;
- Mempersiapakn foto (Formal) dengan latar warna bebas dan ukuran gambar maksimal 2 MB serta dalam bentuk JPG (disimpan dalam flashdisk);
- Peserta diwajibkan menggunakan pakaian sekolah, atau kemeja putih, celana/rok hitam (tidak boleh menggunakan pakaian pramuka) dan menggunakan sepatu terutup;
- Diperbolehkan membawa minuman dan makanan ringan, berhubg pelaksanaan tes psikotes dilakukan hingga siang hari.
- Peserta harus hadir pukul 08.00 wib di kompleks Institut Teknologi Del
- Peserta akan diarahkan satpam menuju lokasi ujian;
- Peserta harus mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia;
- Panita akan memberikan kode ujian psikotes;
- Peserta akan diarahkan panitia ke ruang ujian;
- Peserta akan duduk sesuai kursi yang telah ditentukan;
- Peserta silakan mengakses https://smileconsultingindonesia.com/test_cat_psi/m/index.php untuk mengikuti ujian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan;
- Masukkan kode ujian yang telah dikirimkan panitia;
- Dilarang melakukan tindak kecurangan
- Tes ini terdapat 2 jenis tipe, yang dimana anda diminta mengerjakan dengan baik, cepat dan teliti.
- Tipe 1 : Menggunakan Waktu (Terdapat “Bar” yang akan berjalan),
- Tipe 2 : Tidak menggunakan waktu akan tetapi terdapat batas maksimal.
- Jenis Soal yang akan anda jalani adalah
- Tes Berhitung : Memiliki waktu
- Tes Memilih Jawaban :
- Anda diminta memilih jawaban yakni pada bagian atas/bawah,
- Anda langsung dapat klik jawabannya saja tanpa menghiraukan yang lain.
- Mempersiapkan scan Ijazah/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Mempersiapkan scan Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
- Mempersiapkan scan Kartu Keluarga;
- Mempersiapkan scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro Ket * : Mengingat situasi pandemi saat ini surat keterangan bisa disampaikan jika keadaan sudah kondusif. Apabila setelah dinyatakan lulus calon mahasiswa terbukti buta warna maka calon mahasiswa bersedia mengundurkan diri.
- Peserta silakan mengakses http://spmbdel.del.ac.id untuk melakukan pendaftaran ulang;
- Memasukkan username dan password saat melakukan pendaftaran;
- Mengunduh Informasi tentang keasramaan;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Pendaftaran Mahasiswa Baru;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Fakta Integritas Mahasiswa Baru;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Wali Mahasiswa Baru (Jika diwakilkan kepada wali);
- Mengunggah Surat Keterangan Tidak Buta Warna* dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro;
- Mengunggah Ijazah/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Mengunggah Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
- Mengunggah Kartu Keluarga;
- Untuk pembayaran dapat dilakukan 2 cara yaitu dengan Virtual Account dan Cash
- Untuk Pembayaran Virtual Account dapat dilakukan sesuai dengan tanggal yang ditentukan;
- Mengunduh Informasi Cara Pembayaran Virtual Account;
- Untuk Pembayaran Cash dapat dilakukan pada tanggal yang ditentukan
- Peserta Pendaftar Ulang datang pada tanggal yang ditentukan ke Institut Teknologi Del
- Waktu pendaftaran ulang berlangsung dari pukul 09.00 – 15.00 WIB;
- Peserta Pendaftar Ulang memakai pakaian Hitam-Putih (Laki-laki: Baju Putih Lengan Panjang, Celana Hitam Panjang; Perempuan: Baju Putih Lengan Panjang, Rok Hitam/Celana Hitam Panjang; Untuk perempuan agar rambut di ikat)
- Membawa Pas Photo berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 buah
- Peserta Daftar Ulang akan diarahkan oleh Saptam Institut Teknologi Del, menuju lokasi Daftar Ulang
- Petugas akan memberikan nomor antrian sambil mempersilahkan peserta daftar ulang untuk menunggu di ruang tunggu
- Petugas akan memanggil nomor urut peserta dan akan diarahkan ke Service Point
- Pada pendaftran ulang terdapat 7 Service Point
- Service Point 1:
- Surat Pernyataan Pendaftaran Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Fakta Integritas Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Pernyataan Wali Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro;
- Fotokopi Ijazah yang dilegalisir/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Fotokopi Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
- Fotokopi Kartu Keluarga;
- Fotokopi KTP (Jika sudah ada)
- Peserta akan menerima kertas yang berisi informasi terkait: Form Service Point Check; Informasi Beasiswa di Institut Teknologi Del dan Informasi Spesifikasi Laptop
- Service Point 2: Peserta melakukan verifikasi data akademik. Dokumen yang diperlukan:
- Fotokopi Kartu Keluarga;
- Fotokopi KTP (Jika sudah ada);
- Fotokopi Ijazah yang dilegalisir/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Service Point 3: Informasi terkait Keasramaan seperti:
- Kehidupan Asrama;
- Perlengkapan mahasiswa yang akan dibawa.
- Service Point 4: Peserta melakukan pembayaran daftar ulang. Jika peserta telah membayar melalui Virtual Account maka hanya akan dilakukan proses verifikasi pembayaran kepada pihak Keuangan IT Del (Mohon juga dibawakan bukti telah melakukan pembayaran).
- Service Point 5: Peserta mengukur badan untuk keperluan pembuatan Jas (Almamater), Training Pack, Kaos Del
- Service Point 6: Peserta melakukan foto dan pengisian formulir untuk keperluan pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa ATM;
- Service Point 7: Peserta mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa Sementara dan Goodie Bag.
- Service Point 8: Peserta dapat melakukan pemesanan perlengkapan mahasiswa oleh pihak Koperasi IT Del.
- Sumatera Utara : dilaksanakan di Kampus Institut Teknologi Del
- Luar Sumatera Utara : dilaksanakan via Online (Daring)
JPS (Jalur Prestasi Siswa) adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Del (IT Del), melalui penelusuran minat, bakat, dan kemampuan calon mahasiswa. Pendaftaran JPS dilakukan di sekolah masing-masing, melalui perwakilan/petugas yang ditetapkan oleh IT Del bagi siswa yang berada di luar kawasan danau toba
Seleksi JPS mencakup beberapa komponen penilaian yaitu:
- Nilai Rapor
- Prestasi Akademik
- Surat Rekomendasi
- Prestasi Non Akademik
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar program JPS adalah sebagai berikut:
A. Persyaratan Umum- Mengisi Formulir Pendaftaran JPS secara online pada tautan berikut : https://spmbdel.del.ac.id
- Melampirkan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah atau yang mewakili.
- Melampirkan scan rapor kelas X s.d XII sampai semester V.
- Melampirkan sertifikat/piagam penghargaan akademis dan non akademis (jika ada).
- Siswa berasal dari jurusan yang tidak termasuk dalam kelompok Ilmu sosial, Budaya atau Bahasa.
- Usia maksimum 21 tahun per 31 Agustus 2025;
- Memiliki Nilai Matematika, dan Fisika minimal 80.00, serta Bahasa Inggris minimal 70.00, pada setiap semester, ATAU ranking <=5 setiap semester, kecuali untuk jenjang DIV dan DIII, ranking <= 10.
- Dapat memilih maksimal 3 pilihan program studi, dari 9 program studi yang ada di IT Del yakni :
- Fakultas Vokasi [FV], Program Studi:
- Teknologi Informasi (D3)
- Teknologi Komputer (D3)
- Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (D4)
- Fakultas Informatika & Teknik Elektro [FITE], Program Studi:
- Informatika (S1)
- Teknik Elektro (S1)
- Sistem Informasi (S1)
- Fakultas Teknologi Industri [FTI], Program Studi:
- Manajemen Rekayasa (S1)
- Teknik Metalurgi (S1)
- Fakultas Bioteknologi [FB], Program Studi:
- Teknik Bioproses (S1)
- Fakultas Vokasi [FV], Program Studi:
- Data yang harus dilengkapi pada formulir pendaftaran daring
- Memilih 3 maksimal 3 pilihan program studi;
- Mengisi Data Pribadi, seperti;
- NIK
- NISN
- Nama Lengkap
- Jenis Kelamin
- Tempat/Tanggal Lahir
- Agama
- Alamat
- Kode Pos
- No HP
- Mengisi Data Orangtua
- Nama Ayah dan Ibu Kandung
- Pekerjaan Ayah dan Ibu Kandung
- Penghasilkan Ayah dan Ibu Kandung
- Alamat Orangtua
- Kode Pos
- Mengisi Data Akademis
- Mengisi Data Kemampuan Bahasa Asing
- Mengisi Data Pendidikan Ekstrakurikuler
- Mengisi Pengalaman Organisasi
- Mengisi tentang mendapatkan/mendengar informasi mengenai program penerimaan mahasiswa IT Del melalui apa?
- Mengisi Jumlah minimum N untuk uang pembangunan sekali bayar
- Mengunggah foto 3x4 untuk daring atau Menempelkan foto 3x4 untuk luring
- Lulus seleksi administrasi berkas dan memiliki Kartu Ujian;
- Pastikan anda telah menerima username dan password dari panitia PMB;
- Mengunduh aplikasi ZOOM di Handphone para peserta;
- Untuk mendapatkan informasi secara cepat dari panitia PMB, silahkan bergabung ke WhatsApp Grup dengan mengirikan kartu ujian ke WhatsApp Panitia PMB 0813 6075 8968
- Pastikan menggunakan PC/Laptop dan tidak menggunakan smartphone saat mengikuti tes;
- PC/Laptop sudah terinstal Firefox minimal versi 74.0.1 atau Chrome minimal versi 80.0.3987.163;
- Pastikan memiliki akses internet yang stabil saat melakukan tes wawancara;
- Mengikuti simulasi tes wawancara pada waktu yang ditentukan oleh panitia PMB;
- Jika peserta belum mendapatkan usernama dan password silahkan menghubungi panitia.
- Peserta silakan mengakses https://ecourse.del.ac.id untuk mengikuti ujian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan;
- Masukkan username dan password yang telah dikirimkan panitia;
- Anda tidak diperkenankan untuk melakukan Print Screen;
- Selama wawancara berlangsung anda diwajibkan untuk mengaktifkan kamera dan mikrofon pada link zoom yang akan dibagikan oleh panitia;
- Selama wawancara berlangsung TIDAK BOLEH menggunakan bantuan orang lain. Jika anda melakukan kecurangan maka akan dianggap gagal dalam tes ini.
- Peserta Ujian yang terlambat login atau mengalami gangguan teknis tidak diberikan perpanjangan waktu untuk wawancara;
- Ketersediaan jaringan provider, koneksi jaringan yang lambat, kerusakan PC/Laptop yang dapat menyebabkan putusnya koneksi ketika wawancara berlangsung menjadi tanggung jawab peserta dan tidak diberikan perpanjangan waktu untuk wawancara;
- Pengadaan dan pengunaan software (browser) yang tidak sesuai sebagaimana yang telah di syaratkan sehingga menyebabkan terhambatnya pelaksanaan Tes Akademik menjadi tanggung jawab peserta sepenuhnya dan tidak diberikan perpanjangan waktu untuk wawancara;
- Peserta Tes yang lalai untuk melaksanakan wawancara pada jadwal yang telah ditentukan dianggap mengundurkan diri;
- Jika dijumpai kendala selama wawancara daring berlangsung dan dipandang perlu/mendesak, peserta dapat menghubungi panitia di 0813 6075 8968 (Bisa WhatsApp).
- Telah lulus dari Tes Wawancara bagi Jalur PMDK, Tes Akademik bagi Jalur USM dan Penilaian UTBK untuk jalur UTBK;
- Peserta wajib menggunakan masker;
- Membawa Kartu Pengenal Siswa;
- Membawa Alat Tulis;
- Mempersiapakn foto (Formal) dengan latar warna bebas dan ukuran gambar maksimal 2 MB serta dalam bentuk JPG (disimpan dalam flashdisk);
- Peserta diwajibkan menggunakan pakaian sekolah, atau kemeja putih, celana/rok hitam (tidak boleh menggunakan pakaian pramuka) dan menggunakan sepatu terutup;
- Diperbolehkan membawa minuman dan makanan ringan, berhubg pelaksanaan tes psikotes dilakukan hingga siang hari.
- Peserta harus hadir pukul 08.00 wib di kompleks Institut Teknologi Del
- Peserta akan diarahkan satpam menuju lokasi ujian;
- Peserta harus mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia;
- Panita akan memberikan kode ujian psikotes;
- Peserta akan diarahkan panitia ke ruang ujian;
- Peserta akan duduk sesuai kursi yang telah ditentukan;
- Peserta silakan mengakses https://smileconsultingindonesia.com/test_cat_psi/m/index.php untuk mengikuti ujian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan;
- Masukkan kode ujian yang telah dikirimkan panitia;
- Dilarang melakukan tindak kecurangan
- Tes ini terdapat 2 jenis tipe, yang dimana anda diminta mengerjakan dengan baik, cepat dan teliti.
- Tipe 1 : Menggunakan Waktu (Terdapat “Bar” yang akan berjalan),
- Tipe 2 : Tidak menggunakan waktu akan tetapi terdapat batas maksimal.
- Jenis Soal yang akan anda jalani adalah
- Tes Berhitung : Memiliki waktu
- Tes Memilih Jawaban :
- Anda diminta memilih jawaban yakni pada bagian atas/bawah,
- Anda langsung dapat klik jawabannya saja tanpa menghiraukan yang lain.
- Untuk Pendaftaran akan dilakukan secara onsite atau langsung datang ke Kampus Institut Teknologi Del pada tanggal 23 Februari 2024;
- Mempersiapkan scan Ijazah/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Mempersiapkan scan Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
- Mempersiapkan scan Kartu Keluarga;
- Mempersiapkan scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro
- Peserta silakan mengakses http://spmbdel.del.ac.id untuk melakukan pendaftaran ulang;
- Memasukkan username dan password saat melakukan pendaftaran;
- Mengunduh Informasi tentang keasramaan;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Pendaftaran Mahasiswa Baru;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Fakta Integritas Mahasiswa Baru;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru;
- Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Wali Mahasiswa Baru (Jika diwakilkan kepada wali);
- Mengunggah Surat Keterangan Tidak Buta Warna* dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro;
- Mengunggah Ijazah/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Mengunggah Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
- Mengunggah Kartu Keluarga;
- Untuk pembayaran dapat dilakukan 2 cara yaitu dengan Virtual Account dan Cash
- Untuk Pembayaran Virtual Account dapat dilakukan sesuai dengan tanggal yang ditentukan;
- Mengunduh Informasi Cara Pembayaran Virtual Account;
- Untuk Pembayaran Cash dapat dilakukan pada tanggal yang ditentukan
- Peserta Pendaftar Ulang datang pada tanggal yang ditentukan ke Institut Teknologi Del
- Waktu pendaftaran ulang berlangsung dari pukul 09.00 – 15.00 WIB;
- Peserta Pendaftar Ulang memakai pakaian Hitam-Putih (Laki-laki: Baju Putih Lengan Panjang, Celana Hitam Panjang; Perempuan: Baju Putih Lengan Panjang, Rok Hitam/Celana Hitam Panjang; Untuk perempuan agar rambut di ikat)
- Membawa Pas Photo berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 buah
- Peserta Daftar Ulang akan diarahkan oleh Saptam Institut Teknologi Del, menuju lokasi Daftar Ulang
- Petugas akan memberikan nomor antrian sambil mempersilahkan peserta daftar ulang untuk menunggu di ruang tunggu
- Petugas akan memanggil nomor urut peserta dan akan diarahkan ke Service Point
- Pada pendaftran ulang terdapat 7 Service Point
- Service Point 1:
- Surat Pernyataan Pendaftaran Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Fakta Integritas Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Pernyataan Wali Mahasiswa Baru yang telah di tanda tangan dan diberikan materai;
- Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro;
- Fotokopi Ijazah yang dilegalisir/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Fotokopi Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
- Fotokopi Kartu Keluarga;
- Fotokopi KTP (Jika sudah ada)
- Peserta akan menerima kertas yang berisi informasi terkait: Form Service Point Check; Informasi Beasiswa di Institut Teknologi Del dan Informasi Spesifikasi Laptop
- Service Point 2: Peserta melakukan verifikasi data akademik. Dokumen yang diperlukan:
- Fotokopi Kartu Keluarga;
- Fotokopi KTP (Jika sudah ada);
- Fotokopi Ijazah yang dilegalisir/bukti tanda lulus SMA/SMK;
- Service Point 3: Informasi terkait Keasramaan seperti:
- Kehidupan Asrama;
- Perlengkapan mahasiswa yang akan dibawa.
- Service Point 4: Peserta melakukan pembayaran daftar ulang. Jika peserta telah membayar melalui Virtual Account maka hanya akan dilakukan proses verifikasi pembayaran kepada pihak Keuangan IT Del (Mohon juga dibawakan bukti telah melakukan pembayaran).
- Service Point 5: Peserta mengukur badan untuk keperluan pembuatan Jas (Almamater), Training Pack, Kaos Del
- Service Point 6: Peserta melakukan foto dan pengisian formulir untuk keperluan pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa ATM;
- Service Point 7: Peserta mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa Sementara dan Goodie Bag.
- Service Point 8: Peserta dapat melakukan pemesanan perlengkapan mahasiswa oleh pihak Koperasi IT Del.